PERILAKU KEAGAMAAN ANAK MENUJU INTERNALISASI NILAI KARAKTER MANDIRI

Siti Farikhah

Abstract


Abstrak: Artikel ini menjelaskan tentang perilaku keagamaan menuju internalisasi nilai karakter mandiri di TK Islam Al-Husna, TK Islam Al Azhar 23,  TK Tarbiyatul Banin II. Perilaku anak yang diterapkan di ketiga lembaga tersebut dilakukan melalui strategi pembiasaan dan pengulangan yaitu: meliputi rutinitas berdoa sebelum dan sesudah kegiatan; hafalan surat-surat pendek; habalan hadist; doa- doa sehari-hari; asmaul husna; belajar Iqra;Belajar tilawah; mengucap kata-kata Islami.

Kata Kunci : Perilaku Keagamaan, internalisasi dan nilai karakter mandiri


Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’ruf, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Jogjakarta: Diva Press 2012.

Asrori, Muhammad, Psikologi Pembelajaran Bandung: CV Wacana Prima, 2008.

Bahri, Syamsul & Mudhofir, Jombang Kairo, Jombang Chicago,, Sintaksis Pemikiran Gus Dur dan Cak Nun Dalam Pembaharuan Islam di Indonesia Solo: Tiga Serangkai, 2004.

Depdiknas. UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003.

Deprina Fajaria, Marjohan Marjohan, and Indah Sukmawati, “Kemandirian Perilaku Peserta Didik Dalam Pemilihan Jurusan Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling,” Konselor 2, no. 2 (2013): 11–14.

Hartati, Sofia, How to Be a Good Teacher and To Be a Good Mother, Seri Panduan Pendidikan Usia Dini Jakarta:Enno Media, 2005.

Helmawati, Pendidikan Karakter Sehari-hari (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2017), 2

Nadliroh dalam https://www.kompasiana.com/iinnadliroh/5bcde22e6ddcae453c1ae476/jenis-jenis-program-parenting-education-di-paud diakses pada tanggal 18 Januari 2021

Prasetyawati, DH. Dwis dkk. Meningkatkan Kompetensi Pendidik PAUD Melalui Kegiatan Active Joyfull Learning Universitas PGRI Semarang: Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat, 2013.

Sholikin, Muhammad, Filsafat Dan Metafisika Dalam Islam, Sebuah Penjelajahan Nalar, Pengalaman Mistik dan Perjalanan Aliran Manunggaling Kawula-Gusti Jakarta:Buku Kita, 2008.

Sukardi, Imam, Pilar Islam Bagi Pluralisme Modern Solo: Tiga Serangkai, 2003.

Sulastri, Bunda Ucu, Golden Touch Parenting Jakarta: Adi Bintang Zaytuna Ufuk Abadi, 2015.

Yuliani, NS., Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta: Indeks, 2009.




DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33754/miyah.v17i01.318.g230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diindeks oleh :

            


_________________________________________________

Barcode Online :

      

_________________________________________________

Miyah: Jurnal Studi Islam

Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik,

Jl. KH. Syafi'i No.07 Suci Manyar Gresik Telp. (031) 3959297 Email: inkafa@inkafa.com

Map Coordinate : Lat. -7.145093, Long. 112.601585

 

View My Stats

 

MIYAH oleh Institut Keislaman Abdullah Faqih disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/index.