MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (KAJIAN TAFSIR SURAT AL-BAQARAH : 143)

Arif Budiono

Abstract


Abstrak : Kata wasat memiliki makna baik dan terpuji, berlawaan dengan kata al-tarf  yang artinya pinggir, kata ini berkonotasi negatif sebab yang berada dipinggir akan mudah tergelincir.  Dalam Alquran, Kata wasat}a hanya ditemukan 3 kali dalam Alquran, yakni wasat}an (surat al-Baqarah : 143),  awsat}a (surat al-Qalam: 28) dan wust}a> (surat al-Baqarah: 238). Dari ketiga ayat di atas, Alquran berbicara tentang moderasi cakupannya bersifat umum/global. Di antara moderasi yang di inginkan adalah moderasi dalam akidah, ibadah dan syiar agama, hubungan sosial dan kemasyarakatan, akhlaq, pendidikan dan lain-lain. Wasatiyyah adalah konsep keseimbangan dalam menjalani kehidupan, baik dalam dimensi duniawi atau ukhrawi, dengan ikhtiar penyesuaian secara obyektif terhadap situasi yang sedang dihadapi, berdasarkan petunjuk dan ketentuan agama. Bentuk konkret sikap moderat dalam beragama adalah keseimbangan antara ruh dan jasad, dunia dan akhirat, agama dan negara, individu dan masyarakat, ide dan realitas, yang lama dan yang baru, akal dan naqal (teks keagamaan), agama dan ilmu, modernitas dan tradisi, dan seterusnya. Indikator prinsip moderasi beragama adalah adanya kerjasama dan kesepakatan saling toleran terhadap perbedaan yang ada.

Kata kunci : Ummah Wasat}an, Moderasi, beragama


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alquran al-Karim

Al-Ba>qi>, Muh}ammad Fu’ad, Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfa>dz al-Qur’a>n al-Kari>m (Kairo: Da>r al-Kutub al-Mas}riyyah, 1364 H).

Ibn Kathi>r, Abu> al-Fada>' al-Dimshaqi>, Tafsi>r Alquran al-Adhim (Beirut: Dar al-Fikr, 1991).

Al-Jurja>ni>, Ali> ibn Muh}ammad ibn 'Ali>, Kitab al-Ta'ri>fa>t (Kairo: Dar al-Bayan li al-Turats, t.th).

KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 2016 (online).

Al-Mara>ghi>, Ah}mad Must}afa>, Tafsir al-Mara>ghi> (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1998).

Al-Qurtubi , Abu Abd. Allah Muh}ammad ibn Ah}mad al-Ans}a>ri >, al-Ja>mi’ li Ah}ka>m al-Qur’a>n (Mesir: al-Hay’ah al-Mas}riyyah al-‘Ab, 1987).

Al-Ra>ghib al-Asfaha>ni>, Abu> al-Qa>sim al-Husayn bin Muh}ammad, al-Mufrada>t fi> Ghari>b Alquran (Kairo: al- Maktabah al-Tawfiqiyyah, t.th).

Al-Sakandari, Ibn A’t}aillah, Al-H{ikam (Kairo: Da>r al-H{adi>th, 2001).

Al-Sha’ra>wi, Muh}ammad Mutawalli> >, Tafsi>r wa Khawa>tir al-Ima>m Muh}ammad Mutawalli> al-Sha’ra>wi> (Mesir: Da>r al-Isla>m li Nashr wa al-Tawzi’, 2010).

Shihab, Quraish, Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, (Jakarta: Lentera Hati, 2000).

_____________, Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama (Jakarta: Lentera Hati, 2019).

Al-T{abari>, Abu> Ja’far Muh}ammad ibn Jari>r, Ja>mi’ al-Baya>n ‘an Ta’wi>l A

Al-Shahrasta>ni, Muh}ammad ibn Abd. Al-Kari>m ibn Abi> Bakr Ah}mad >, Al-Mila>l wa al-Nih}a>l (Beirut: Da>r al-Ma’rifah, 2001).

Al-Ghaza>li , Abu> H{a>mid Muh}ammad, Ih}ya Ulu>m al-Di>n, (Kairo: I Ba>b al-H{alabi>, 1998).

______________________________, Ayyuha> al-Walad (Surabaya: al-Haramayn, 2005).

Al-Bayda>wi, Nasr al-Di>n Abu> al-Khayr Abdulla>h ibn Umar >, Anwa>r al-Tanzi>l wa Asra>r al-Ta’wi>l, (Mesir: Must}afa> al-Ba>b al-H{ala>bi>, 1980).

Rid}a>, Muh{ammad Rashi>d, Tafsi>r al-Mana>r, (Kairo: Da>r al-Sala>m,1998).

Qutb, Sayyid, Fi> Zila>l al-Qur’a>n, Vol.V (Kairo: Da>r al-Shuru>q, 1992), h. 118.

Al-Suyu>t}i>, Abd. Al-Rah}ma>n Jala>l al-Di>n Luba>b al-Nuqu>l fi> Asba>b al-Nuzu>l (Kairo: Da>r al-Kutub al-Ilmiyyah, 2008).

Al-Sabt , Kha>lid ibn ‘Uthma>n, Qawa>id al-Tafsi>r Jam’an wa Dirasatan, (Mekkah: Da>r ibn al-Qayyim, 2003).

Al-Alusi, Shihab al-Din al-Sayyid Mahmud, Ruh al-Ma’ani fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim wa al-Sab’i al-Matsani, (Beirut: Dar Ihya al-Turath al-‘Arabi>, 2001).

Al-Da>migha>ni, Husayn ibn Muh}ammad, Al-Wuju>h wa al-Naza>’ir fi> al-Qur’a>n (Kairo: Da>r al-‘Ilm li al-Mala>yi>n, 2011).

Sha’ban dkk, al-Mu’jam al- Wasi>t} (Kairo: Maktabah al-Shuruq al-Dawliyyah, 2004).

Al-Bukha>ri>, Abu>> Muh}ammad ibn Isma><<>’il ibn Ibra>>><<>him ibn al-Mughi>rah, Sah}i>h al-Bukha>ri>, (Beirut: Da>r al-Fikr, 2001).

Muslim, Abu< H{usayn ibn H{ajja>j Qushayri> al-Nisabu>ri>, S{ah}i>h} Muslim (Kairo: Da>r al-H{adi>th, 1991).

Al-Ra>zi>, Muh}ammad Fakhr al-Di>n ibn D{iya>’ al-Di>n ‘Umar, Mafa>ti>h} al-Ghayb, (Beirut: Da>r al-Fikr, 1999).

Al-Ghaza>li , Muh}ammad >, Kayfa Nata’a>mal Ma’a al-Qur’a>n (Beirut: al-Maktab al-Isla>mi>, 1999),

Hashim, Ahmad Umar Wasat}iyyah al-Isla>m (Kairo: Da>r al-Rasha>d li Nashr wa al-Tawzi>’, 1998).

Imarah, Muhammad, Wast}iyyah al-Isla>m (Kairo: Da>r al-Shuru>q, 1997).

Al-Qarad}a>wi, Yu>suf >, Al-Khas}a>is al-Am (Kairo: Maktabah Wahbah, 1996).

________________, Fata>wa> Mu’a>sirah, Vol. I (Qatar: Da>r al-Qalam li al-Tura>th, 2009).

________________, Al-S{ah}wah al-Isla>miyyah Bayna al-Jumu>d wa al-Tat}arruf (Kairo: Da>r al-Shuru>q, 2001).

Al-Jawziyyah, Ibn Qayyim, I’la>m al-Muwaqqi’i>n ‘an Rabb al-‘An, Vol. III (Beirut: Da>r al-Kutub al-Hadi>thah, tt).

Harold I. Brown, Perception, Theory and Commitmenr: The New Philosophy of Science (Chicago: The University of Chicago Press, 1979), h. 150.

al-Bu>t}i>, Sa’i>d Ramad}a>n, D{awa>bi>t} al-Maslah}ah fi> al-Shari>’ah al-Isla>miyyah (Beirut: Muassasah al-Risa>lah, 1977).

Felicit Opwis, “Maslaha in the Contemporary Islamic Legal Theory,” Islamic Law and Society.

Ibn Ar, Muh}ammad al-T{a>hir ibn Muh}ammad ibn Muh}ammad al-T{a>hir al-Tuni>si>, Maqa>s}id al-Shari>’ah al-Isla>miyyah (Tunisia: Da>r Suh}nun, tt).

al-Raysu>ni, Ah}mad, Naz}ariyya>t al-Maqa>s}id ‘Inda al-Ima>m al-Sha>tibi> (Herndon: al-Ma’had al-‘Ami>, 1995).

Sar al-Baya>n, 1999).

Gullen, Muh}ammad, Cahaya Alquran Bagi Seluruh Makhluk, terj. Ismail Ba'adillah (Jakarta: Republika, 2011).

Ibn Aji>bah, Idz al-Himam Sharh} Matn al-Hika>m (Beirut: Da>r al-Fikr, 2010).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.