PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN PESANTREN

Mohammad Makinuddin

Abstract


Abstrak: Pendidikan pesantren merupakan pendidikan yang unik,  dengan berbagai ragamnya, pesantren telah melakukan penjaminan mutu terhadap pendidikan yang diselenggarakan, meskipun secara formal belum didapati lembaga formal dari pemerintah melakukan penilaian atau akreditasi terhadap mutu pesantren. Dalam perkembangannya yang sangat dinamis, pesantren mela-hirkan berbagai macam tipologi dan karakteristik. Diantaranya adalah Pesantren Salaf, Pesantren Modern, Pesantren Al-Qur’an, Pesantren Agrobisnis, Pesantren Multikultural dan lain sebagainya. Di samping itu mutu pendidikan pesantren dapat dilihat dari berbagai pers-pektif, di antaranya Transenden Approach (Pendekatan Transenden), Product Based Approach (Pendekatan Berbasis Standar), User Based Approach (Pendekatan Berbasis Pengguna), Manufacturing Based Approach (Pendekatan Berbasis Manufaktur) dan Value Based Approach (Pendekatan Berbasis Nilai).

Kata Kunci: Penjaminan mutu, Pendidikan, Pesantren


Full Text:

PDF

References


Anam, Saeful. “Karakteristik Dan Sistem Pendidikan Islam: Mengenal Sejarah Pesantren, Surau Dan Meunasah Di Indonesia.” Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 01, no. 01 (2017): 146–47.

———. “Pesantren Entrepreneur Dan Analisis Kurikulum Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo Dalam Pengembangan Dunia Usaha.” Maraji 1, no. 1 (2016): 304–29.

Alma, Bukhari dan Ratih Hurriyati, 2008, Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima, Bandung: Alfabeta. 2008

Anhari, Masjkur, Integrasi Sekolah Ke dalam Sistem Pendidikan Pesantren (Surabaya: Diantama, 2007).

B.Uno, Hamzah, 2008 Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Bruinessen, Martin Van, Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat, (Bandung: Mizan, 1995).

Bush, Tony dan Mariannecoleman,2006 , Leadership dan Strategic Management In Education Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan, terj. Fahrurrozi, Yogyakarta:IRCISOD,

Daryanto, Pengelolaan Budaya Dan Iklim Sekolah, (Yogyakarta: Gaya Media, 2015).

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiai, (Jakarta: LP3ES, 1982).

E. Mulyasa, 2005, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Haedari, Amin dkk., Masa Depan Pesantren; Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global, (Jakarta: IRD Press, 2006).

Hanafiah dan Cucu Suhana, 2009, konsep strategi pembelajaran, Bandung: PT. Refika Aditama. 2009

Hielmy, Irfan, Pesan Moral dari Pesantren: Menigkatkan Kualitas Umat, Menjaga Ukhuwah, (Bandung: Nuansa, 1999).

Husaini Usman,2006, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Inayah, Nur dan Endry Fatimaningsih, Sistem Pendidikan Formal Di Pondok Pesantren: (Studi pada Pondok Pesantren Babul Hikmah Kecamatan Kalianda, (Jurnal Sociologie, Vol. 1, No. 3, 2013, Universitas Lampung)

Jerome S Arco, 2006, Pendidikan Berbasis Mutu, Yogyakarta: IRCiSoD.

Karim, Rusli, Pendidikan Islam di Indonesia, dalam Transformasi Sosial Budaya (Editor: Muslih Musa). Hasbullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1999).

Komariah, Aan, Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005).

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, (Jakarta: INIS, 1994).

Prasodjo, Soedjoko, Profil Pesantren , (Jakarta: LP3ES, 1974).

Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana, TQM, Yogyakarta: IRCiSoD

Umar, Yusuf Manajemen Pendidikan Madrasah Bermutu, Bandung: PT. Refika Aditama, 2016.

Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktek Dan Riset Pendidikan, (Jakarta :Bumi Aksara, 2006).

Uwes, Sanusi, 1999, Manajemen Pengembangan Mutu Dosen, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Tholhah, Imam dan Ahmad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Tradisi Integrasi Keilmuan Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2004).

Yamin, Martinis dan Maisah, 2009, Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada.

Ziemek, Manfred, Pesantren dalam Perubahan Sosial, (Jakarta: P3M, 1986).




DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.33754/miyah.v15i2.175.g143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diindeks oleh :

            


_________________________________________________

Barcode Online :

      

_________________________________________________

Miyah: Jurnal Studi Islam

Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik,

Jl. KH. Syafi'i No.07 Suci Manyar Gresik Telp. (031) 3959297 Email: inkafa@inkafa.com

Map Coordinate : Lat. -7.145093, Long. 112.601585

 

View My Stats

 

MIYAH oleh Institut Keislaman Abdullah Faqih disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/index.