RELEVANSI ETIKA BISNIS PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA’ ‘ULUM AL-DIN DAN DENGAN ETIKA BISNIS PERSPEKTIF HERMAWAN KARTAJAYA

Habib Masyhudi

Abstract


Studi dalam penelitian ini mengkaji tentang relevansi etika bisnis perspektif Ima>m al-Ghaza>li> dalam kitab Ih{ya>’ ‘Ulum al-Di>n dan etika bisnis perspektif Hermawan Kartajaya. Ima>m al-Ghaza>li> adalah seorang sufi yang ahli dalam tasawuf, jarang orang menggambarkanya sebagai ahli bisnis. Hermawan Kartajaya adalah seorang penulis yang ahli dalam bisnis dan marketing. Menurut Hermawan Kartajaya bisnis telah kian terpuruk oleh tangan-tangan orang yang tidak punya etika dan moral. Banyak pemikiran yang berkembang saat ini mengatakan bahwa dalam bisnis faktor etika tidak harus dilibatkan, karena akan menghambat pendapatan yang akan didapat. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah relevansi antara konsep  etika bisnis perspektif Ima>m al-Ghaza>li> dalam kitab Ih}ya>’ ‘Ulu>m al-Di>n dan konsep etika bisnis perspektif Hermawan Kartajaya.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa etika bisnis yang dikonstruk oleh Ima>m al-Ghaza>li> dan Hermawan Kartajaya terindikasi dari nilai-nilai humanity yang bersifat universal, yang memperkokoh hakikat dan tujuan dalam bisnis. Setelah melakukan penelitian, ditemukan relevansi antara etika bisnis Ima>m al-Ghaza>li> dalam kitab Ih}ya>’ ‘Ulu>m al-Di>n dan etika bisnis Hermawan Kartajaya. Relevansi antara etika bisnis Ima>m al-Ghaza>li> dan Hermawan Kartajaya, antara lain dalam aspek motivasi dan niat positif dalam berbisnis, provit dalam bisnis, etos kerja, proper behaviour, profesionalisme, price value dalam bisnis dan spiritual value dalam bisnis. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, dapat dikembangkan saran kepada pelaku bisnis hendaknya mengedepankan nilai-nilai spiritual dalam bisnis, karena spiritual dalam bisnis bersifat universal dan bukan hanya milik Islam.  


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Nana Herdiana. Manajemen Bisnis Syariah & Kewirausahaan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2013.

Abidin, Zainal Ahmad. Riwayat Hidup Ima>m al-Ghaza>li Surabaya: Bulan Bintang, 1975.

Alwani (al), Taha Jabir. Bisnis Islam. Yogyakarta: Ak Group, 2005.

Ashfahani (al), Raghib (al). Mu’jam Mufradat al-Faz} al-Qur’a>n. Beirut: Dar Fikri, 2003.

bnu Qayyim, Panduan Lengkap Meraih Kebahagiaan Dunia Akhirat. terj. Syaifuddin Zuhri. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2008.

Busthami, M. Said. Pembaharu dan Pembaharuan dalam Islam. Ponorogo: Trimurti, 1992.

Chamid, Nur. Jejak Langkah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Djakfar, Muhammad. Etika Bisnis; Menangkap Spirit Ajaran Langit Dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Jakarta: Penebar Plus, 2012.

Djazuli, A. Kaidah-Kaidah Fikih. Jakarta: Kencana, 2002.

Fauzia, Ika Yunia. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Ghaza>li> (al), Abi Ha>mid Muhammad. Ih}ya>’ ‘Ulu>m al-Di>n. Beirut: Da>r al-Kutub al-Ilmiyah, 2005.

Hartman, Laura dan Joe Desjardins. Business Ethic. terj. Danti Pujiati. Jakarta: Erlangga, 2008.

Ibn Lathif, Abi Abbas Shihabuddin Ahmad. Tajri>d al-Shari>h: Beirut: Dar al-Fikr.

Isa (ibn), Abi Isa Muhammad Ibn Ibn Surah,. Jami’ al-Shahih Sunan al-Tirmidzi Juz 3. Beirut: Dar al-Kitab Ilmiyah.

Jabr, Hisyam Nidal R. Sabri dan. Etika Bisnis dan Akuntansi. Jakarta: Bumi Aksara, 1997.

Kaaf (al), Abdullah Zaky. Ekonomi Dalam Prespektif Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2002.

Kadir, A. Hukum Bisnis Syariah Dalam Al-Qur’a>n. Jakarta: Amzah, 2010.

Kartajaya, Hermawam. Hermawan Kartajaya On Brand Seri 9 Elemen Marketing .Bandung: Mizan, 2004.

__________________ dan Muhammad Syakir Sula. Syariah Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka. 2006

__________________ Marketing Mix Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2006.

__________________. Abdullah Gymnastiar, Berbisnis Dengan Hati. Jakarta: Mark Plus & Co, 2004.

__________________. Hermawan Kartajaya On Differentiation Seri 9 Elemen Marketing. Bandung : PT. Mizan Pustaka, 2004.

__________________. Hermawan Kartajaya On Marketing Mix Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: Mizan, 2006.

__________________. Hermawan Kartajaya On Positioning Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2004.

M. Amin Abdullah dan Iwan Triyuwono. Etika Muamalah. Malang: Program Pascasarjana UMM, 1997.

Muhammad Rawwas Qal’aji Dan Hamid Sadiq Qunabi. Mu’jam Lughot Al-Fuqoha’(Dictionary Of Islamic Legal Terminology). Beirut : Dar Al-Nafes, 1998.

Orgianus, Yan. Moralitas Islam dalam Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Marja, 2012.

Qardhawi, Yusuf. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 1997.

Rahman, Afzalur. Doktrin Ekonomi Islam. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1995.

Razi Al-Faruqi, Isma’il. Tauhid. Bandung: Pustaka, 1988.

Rivai, Veithzal dan Andi Buchari. Islamics Economics. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.

Sidi, Gazalba. Sistemtika Filsafat, Buku Keempat ; Pengantar Kepada Teori Nilai. Jakarta: Bulan Bintang, 2002.

Sondang. Etika Bisnis. Jakarta: Pustka Binaman Pressindo. 1996.

Syahatah, Husain dan Shidiq Muhammad Amin Al-Dhahir. Transaksi dan Etika Bisnis Islam. terj. Saptomo Budi Satryo. Bandung: Visi Insani Publishing, 2005.

Ya’qub, Hamzah. Etika Islam. Bandung: CV. Diponegoro, 1991.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diindeks oleh :

            


_________________________________________________

Barcode Online :

      

_________________________________________________

Miyah: Jurnal Studi Islam

Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik,

Jl. KH. Syafi'i No.07 Suci Manyar Gresik Telp. (031) 3959297 Email: inkafa@inkafa.com

Map Coordinate : Lat. -7.145093, Long. 112.601585

 

View My Stats

 

MIYAH oleh Institut Keislaman Abdullah Faqih disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/index.