PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAMIC QON GRESIK KOTA BARU (GKB) GRESIK

M. Muizzuddin, Siska Siska

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendalami Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Program Full Day School di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islamic Qon Gresik kota Baru (GKB) Gresik. Teori yang digunakan dalam analisi pembahasan penelitian ini menggunakan teori Thomas Lickona. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif dengan pendekatan studi kasus dengan analisi data miles Huberman dan saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembentukan karakter religious siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islamic Qon sejalan dengan teori yang dicetuskan oleh Thomas Lickona. Hambatan yang dialami oleh sekolah dalam pembentukan karakter ini adalah perbedaan kemapuan siswa sehingga mengharuskan guru memberikan pendampingan yang lebih terhadap peserta didik yang yang mempunyai kemampuan dibawah rata-rata siswa.

Keyword: Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Full Day School

Full Text:

PDF

References


Almubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Cv Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Bima Aksara.

Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Azizah, Tsalis Nurul. 2017. “Pembentukan Karakter Religius Berbasis Pembiasaan Dan Keteladanan Di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: S-1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Basuki, Sukur. 2013. Harus Proporsional Sesuai Jenis Dan Jenjang Sekolah (http://www.strkN1lmj.sch.id/?) diakses pada tanggal 8 November 2018.

Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya A-Jumanatul ‘ali. Bandung: CV. Penerbit J-ART. Depdiknas. 2007.

Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Djaelani, Aunu Rofiq. 2013. “Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif” Majalah Ilmiah Pawiyatan. Vol. XX. Nomor. 1 Maret.

Echol, John M. & Hasan Shadily. 1976. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Elearning Pendidikan. 2011. Membangun Karakter Religius Pada Siswa Sekolah Dasar (http://www.elearningpendidikan.com) diakses pada tanggal 8 November 2018.

Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implikasinya. Bandung: Alfabeta.

Hasan, Nor. 2006. “Full Day School (Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Asing)” jurnal pendidikan Tadris. Vol 1. No 1.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Islami, Arizka Min Nur. 2016. “Implementasi Program Pendidikan Full Day School di MI Muhammadiyah Karanglo Kecamatan Cilongkok Kabupaten Banyumas”. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kesuna, Dharma. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktis di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khoiri, Alwan Dkk. 2005. Akhlak Tasawuf. Yogyakarta: Pokja Akademik.

Kompas. 2015. “Rusunawa Bisa Jadi Solusi Kurangi Kenakalan Remaja” (https://megapolitan.kompas.com/read/2015/05/18/09122441/Rusuna wa.Bisa.Jadi.Solusi.Kurangi.Kenakalan.Remaja) diakses pada tanggal 25 Januari 2019.

Kompas. 2016. “Ini Alasan Mendikbud Usulkan Full Day School” (https://edukasi.kompas.com/read/2016/08/08/12462061/ini.alasan.me ndikbud.usulkan.full.day.school) diakses pada tanggal 25 Januari 2019.

Kompas. 2017. “Astaga, Remaja Tepergok Mesum Dengan Berbagai Gaya, Nih Fotonya” (https://m.jawapos.com/jpg-today/12/08/2017/astagaremaja-tepergok-mesum-dengan-berbagai-gaya-nih-fotonya/) diakses pada tanggal 27 Januari 2019.

Kompas. 2018. “Polisi Tangkap 11 Tersangka Pengeroyokan Pelajar SMK di Depok” (https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/22/22230851/polisitangkap-11-tersangka-pengeroyokan-pelajar-smk-di-depok) diakses pada tanggal 25 Januari 2019.

Kompas. 2019. “KPAI: Baru pertama di Indonesia Ada Lab Sekolah Jadi Gudang Narkoba" (https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/23/13372311/kpaibaru-pertama-di-indonesia-ada-lab-sekolah-jadi-gudang-narkoba) diakses pada tanggal 25 Januari 2019.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantan Books.

Majah, Abdul dan Dian Andayani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. Majid, Abdul. 2014. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdu dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Permendikbud. 2017. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 Pasal 2 ayat 1 Tentang Hari Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Permendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Pasal 2 ayat 1 dan 2 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Pohan, Rusdin. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: ArRijal Institut dan Lanarka Publisher.

Ridwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sa’adah, Laila. “Pengembangan Interaksi Sosial Dalam Full Day School” (http://apikdw.wordpress.com) diakses pada tanggal 8 November 2018.

Sangaji, Etta Mamang. 2010. Metode Penelitian: Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran, Jakarta : Kencana Media.

Septiana, Ragella. 2011. “Pengelolaan Pembelajaran Full Day School Di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiono. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Undang-undang No 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bab 2 Pasal 3.

Widoyoko, Eko Putro. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran. Available on (http://www.umpwr.ac.id/download/publikasiilmiah/Evaluasi%20Prog ram%20Pembelajaran.pdf) diakses pada tanggal 28 Januari 2019.

Yahya, Islachuddin. 2012. Teknik Penulisan Karangan Ilmiah. Surabaya: Surya Jaya Raya




DOI: http://dx.doi.org/10.33754/jalie.v6i1.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

_________________________

Creative Commons License
Journal of Applied Linguistic and Islamic Education by JALIE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/jalie-inkafa.

Map Coordinate : Lat.-7.1451473, Long. 112.5995736

View My Stats