PENGGUNAAN MEDIA MAPPING NAHWU TERHADAP EFEKTIFITAS PENGAJARAN NAHWU

Farid Qomaruddin

Abstract


Abstrak: Madrasah Aliyah Al-Musthofawiyah meru-pakan lembaga pendidikan Islam swasta yang ada di Palang-Tuban. Madrasah ini memperhatikan ilmu-ilmu kaidah bahasa Arab yang diantaranya adalah kaidah Nahwu. Namun begitu pembelajaran kaidah Nahwu masih dirasa cukup sukar dalam pemahamannya. Media sangatlah berperan dalam menunjang kemampuan bahasa siswa di madrasah maupun sekolah, karena media merupakan unsur penting yang dapat mempengaruhi keaktifan belajar para siswa. Dalam artikel ini penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media “Mapping Nahwu” dalam pembelajaran kaidah nahwu di Madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.

Kata Kunci: Media, Mapping Nahwu, Kaidah Nahwu.


Full Text:

PDF

References


Adnan, Mohammad Latief, Berbagai Kesalahan Penelitian dalam Proposal, Skripsi, Tesis, Disertasi dan Jurnal (Pertanyaan, Komentar, Saran), (Malang: Universitas Negeri Malang, 2014).

Adnan, Mohammad Latief, Tanya Jawab metode Penelitian Pembelajaran Bahasa, (Malang: UM Press, 2014).

Ainin, Moh., Metodologi Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab: Teori dan Praktik, (Malang: CV. Bintang Sejahtera, 2014).

al-Hasyimī, Sayid Ahmad, al-Qawāid al-Asāsiyah li al-Lughah al-Arabiyah, (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1354 H.).

al-Qodir, Muhammad Abd, Ahmad, Thuruq Tadrīs al-Lughah al-Arabiyah, (Misr: Maktabah an-Nahdhah, Majhul as-Sanah).

Arsya , Azhar, Media Pengajaran, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997).

As-Sa’ud, Ratib, al-Isyrāf at-Tarbawiyah: Mafhūmuhu wa Nadhoriyātuhu wa Asālibuhu, (Oman: Thāriq li al-Khidmād al-Maktabiyah, 2007).

Duwaidiriī, Rojā’ Wahy, al-Bahts al-‘Ilmy: Asāsiyatuhu al-Nadhoriyah wa Mumārosatuhu al-‘Ilmiyah, (Beirut: Dār al-Fikr al-Ma’āsyir, 2000).

Ghobarī, Tsāir Ahmad, wa al-Ākhorūn, al-Bahts al-Nau’iy fī at-Tarbiyah wa ‘Ilm an-Nafsiy, (Oman: Maktabah al-Mujtama’ al-Arabiy li an-Nasyr wa at-Tauzi’, 2011).

Gunawan, Rizki, Pengembangan Buku Shorof al-Kailani dengan Mind Mapping di Pondok Dar al-Lughah dan Dirasah Islamiyah Pamekasan Madura, (Lampung: Majalah AL-BAYAN, Vol. 10 No. 2 September 2018).

Hamalik, Oemar, Kurikulum Dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995).

Ilmanah, Liya dan Musri’ah, Pengaruh Media Peta Terhadap Peningkatan Pemahaman Mahasiswi Tentang Mubtada’ dan Khobar, (Cirebon: Majalah AL-IBTIKAR Vol. 5 No. 2, September 2016).

Khairī, Ahmad Muhammad Kād}im dan Jābir ‘Abd al-Hamīd Jābir, al-Wasāil at-Tadrisiyah wa al-Manhaj, (Kairo: Dar an-Nahdoh al-‘Arabiyah, 1997).

Ma’rūf, Nayif Mahmūd, Khasāis al-Arabiyah wa Thariqah Tadrīsihā, (Beirut: Dār an-Nafāis, Majhul as-Sanah).

Maulani, Nur Rizki dan Musri’ah, Pengaruh Media Mind Mapping Terhadap Peningkatan Maharah Kalam, (Cirebon: Majalah AL-IBTIKAR Vol. 6 No. 1, Juli 2016).

Qomaruddin, Farid, Efektifitas Metode as-Sam’iyah as-Safahiyah Terhadap Matakuliah Integrasi (Istima’-Kalam) KKNI di Perguruan Tinggi Islam Swasta di Jawa Timur, (Gresik: Jurnal JALIE Vol. 1 No. 1, Maret 2017).

Sadiman, Arif S., Media Pendidikan, (Jakarta: CV. Rajawali, 1986).

Samārah, Nawāf Ahmad wa Abd as-Salām Musa al-‘Udaily, Mafāhīm wa Musthalahāt fī al-‘Ulūm at-Tarbiyah, (Oman: Dār al-Masīrah wa At-Tauzi’, 2008).

Syaodih, Nana Sukma Dinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016).

Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, (Jakarta: Kencana, 2010).

Yuliastri, Tehnik Pemetaan Pikiran dan Penerapannya dengan Gambar Fotografi Untuk Meningkatkan Maharah Kalam di Asrama Pedalaman Masyarakat Pemuda Aceh, (Aceh: Majalah ILMIYAH DEDUKTIKA, Vol. 15 No. 2, Februari 2015).

Yunus, ‘Aly, Asasiyāt Tadrīs al-Lughah al-‘Arabiyah wa at-Tadribiyah ad-Diniyah, (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, Majhul as-Sanah).




DOI: http://dx.doi.org/10.33754/jalie.v2i2.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

_________________________

Creative Commons License
Journal of Applied Linguistic and Islamic Education by JALIE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/jalie-inkafa.

Map Coordinate : Lat.-7.1451473, Long. 112.5995736

View My Stats