THE EFFECTIVENESS OF PAIR WORK AND GROUP WORK ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN GIVING WRITING TASK

M. Labib Al Halim

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan skor rata-rata dalam pemberian tugas writing deskriptif teks antara siswa yang bekerja secara individu, berpasangan, dan yang kerja secara grup atau kelompok pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Lamongan yang terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama sebagai kontrol grup (individu), kelompok kedua dan ketiga sebagai eksperimen grup (berpasangan dan kerja kelompok). Perlakuan dari penelitian ini adalah sepanjang delapan kali pertemuan. Semua kelompok diberi perlakuan yang sama. Secara rinci, masing-masing kelompok diberi strategi yang sama. Mereka diajar oleh guru yang sama, materi yang sama dan alokasi waktu yang sama. Setelah mendapat perlakuan sebanyak 8 kali pertemuan, semua kelompok kemudian diberi posttest berupa menulis teks deskriptif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan ANOVA satu arah (One way ANOVA) dan Post Hoc Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam skor rata-rata antara siswa yang mengerjakan tugas secara individu dan kerja kelompok, begitu juga antara siswa yang mengerjakan tugas secara berpasangan dan kerja kelompok.

Keyword: Menulis, Kerja Kelompok


Full Text:

PDF

References


Blanchard, Karen, and Christine Root. Karen Blanchard Christine Root {7, n.d.

Brown, JD. “The Elements of Language Curriculum,” 1995.

Buzan, T. Smart Book Mind Map. Jakarta: Gramedia, 2007.

Economy, Global. “From Manufacturing Excellence to Innovation Powerhouse,” 2005. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Feez, S. & Joyze, H. Text-Based Syllabus Design. Sydney: NCELTR., 1998.

Jeremy Harmer. “The Practice of English Language Teaching.” ELT Journal, 2003. https://doi.org/10.1093/elt/57.4.401.

Khan, Rabeya Nasrin. “Classroom Interaction in ESL Classrooms: A Comparative Study between Group Work and Individual Work,” no. April (2009).

Latief, A. Research Methods on Language Learning an Introduction. Malang: UM Press, 2015.

———. Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: UM Press, 2010.

McDonough, J. & Shaw, C. Materials and Methods in ELT. Blackwell: Oxford University Press, 1993.

Richards, J. C., & Renandya, W. A. Methodology in Language Teaching. An Anthology of Current Practice. New York: Cambridge University Press, 2002.

Sajedi, Seyyede Paria. “Collaborative Summary Writing and EFL Students’ L2 Development.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 98 (2014): 1650–57. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.589.

Sert, Olcay. ““A Comparative Analysis of Pair-Work and Individual Assignments.” Journal of Language and Linguistic Studies 1, no. 2 (2005): 236–53.

Seyed Hossein Hosseini, Morteza Bakhtiarvand, and Soudabeh Tabatabaei. “A Comparative Study on the Effect ofIndividual, Pair and Team Work on Speaking Fluency Of Iranian Elementary EFL Learners.” International Research Journal of Applied and Basic Sciences 4, no. 8 (2013): 17. http://www.irjabs.com.

Tai, Yasmeen Al. “The Effect of Collaboration on Omani Students ’ Writing : A Comparison Between Individual , Pair and Group Work” 1, no. May (2015): 154–71.

Tribble, C. Writing. Oxford: Oxford University Press., 1996.

Ur, Penny. “A Course in Language Teaching: Practice of Theory,” 1991. http://www.banarvan.com/DynamicContent/UsersDirectory/admin/MyFiles/Teaching Syllabus/penny ur old version.pdf.

US Economic Development Association. Build a Neighborhood Profile: StatsAmerica, n.d. http://www.statsamerica.org/neighborhood/builder.aspx.




DOI: http://dx.doi.org/10.33754/jalie.v2i2.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

_________________________

Creative Commons License
Journal of Applied Linguistic and Islamic Education by JALIE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/jalie-inkafa.

Map Coordinate : Lat.-7.1451473, Long. 112.5995736

View My Stats