STILISTIKA AL QURAN: GAYA BAHASA UNGKAPAN NASIHAT DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19

Lailatul Mas’udah

Abstract


Abstrak: Pendidkan merupakan komponen terpenting dalam  kehidupan manusia, pendiidkan merupakan pembeda dan pemisah antara makhluk ciptaan Allah yang ada di bumi antara manusia dan binatang. Kewajiban melakukan pendiidkan dan mencari ilmu sebagai dasarnya telah diwajibkan oleh Rasulullah, bahkan Rasulullah menenkankan kewajiban untuk melakukan pendidikan bagi seorang manusia adalah mulai lahir ke dunia dalam buaian ibu sampai manusia mati terkubur di liang lahat. Begitu pentingnya sebuah pendiidkan bagi kehidupan manusia, pembahasan yang berkaitan dengan pendidikan seperti tidak pernah menemukan titik akhir, selalu berkembang dan dinamis. Pembahsan yang berkaitan dengan pendidikan akan selalu menarik dikulik dari berbagai segi, mulai dari metode, unsur-unsur, karakter dan  lain sebagainya. Dalam penelitian ini, mencoba membongkar sebuah makna pendidikan dalam al Quran melalui anlaisa bahasa yang terkandung dalam lafad-lafad yang terdapat dalam surat luqman. Berbagai aspek yang terkandung dalam surat Luqman, di antaranya adalah kisah Luqman dan wasiat-wasiat kepada anaknya. Melalui  analisa bahasa dari kajian stilistikamencoba memahami makna pendidikan dalam surat Luqman yang menteladani pesan-pesan yang disampaikan Luqman kepada anaknya sebagai model pendidikan orang tua terhadap anaknya. Metodode penilitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah  qualitatif dengan pendekatan  Ulumul quran  dan tafsir dengan konsep  Maudhui  atau temamtik yang   bersifat Library research.  Melalui metode dan pendekatan ini, diharpakan menghasilkan sebuah konsep pendidikan keluarga yang dilandasi dari kandungan al Quran melalui kisah Luqman dengan pesan-pesannya dan mampuh memberikan sumbangsih inovasi penyampaian pendidikan orang tua terhadap putra putrinya dengan baik, meyenangkan dan sarat hikmah.


Full Text:

PDF

References


Adonis, Arkeologi Sejarah Pemikiran Islam-Arab (Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara, 2007)

Ahmad Muzakki, Stilistika al Quran gaya bahasa dalam konteks komunikasi (Malang:UIN Malang Press,2009)p 22

Al h{afid{ ima>du al di>n abi> al fida> Isma>i>l ibn Kat{i>r, Tafsi>r ibn Kat}ir al Khoir 1999)

Ali abd al Wahid wafi, Ilmu al Lughah (Bairut: Nadhah al Misr, 1962)

Hafifuddin cawidu, konsep kufr dalam al Quran suatu kajian teologis dengan pendekatan Tfasir tematik (Jakarta: Bulan Bintang, 1991)

Huasaynal T}aba>t{aba>i, al Mizan Fi> Tafsi>r al Quran (Teheran: Muasasat Dar al Kutb al Islamiyah, 1396)

Kementrian agama RI, Al Quran dan terjemahannya dilengkapi dengan kajian Us}u>l Fiqih dan intisari ayat (Bandung: Syigma publishing, 2011)

Mamaehafizdhewek.blogspot.com/2012/01/stilistika-dan-retorika-.html 1 januari 2012

Mubaidillah, Memahami istiarah dalam al Quran, Jurnal Nur El –Islam volume 4 no 2 oktober 2017

Muh abd al Az}im al Zarqa>ni, Mana>hi al Irfafan fi> ulu>m al Quran (Jakarta: Gaya Media PRATAMA, 2002)

Muh Quraish Shihab. Mu;jizat al Quran (Bandung: Mizan,2004)

Muhammad Ali ibn Muhammad al Syaukani, Fath} al Qadi>r al Ja>mi’ bayna Fann al Riwayah wa al Dirayah min limi Tafsi>r (Bairut: Da>r al ma’rifah.2007)

Muhammad Aly al S}obuni, S}ofwatu al Tafa>si>r (Bairut:Da

Nyoman Kuta Ratna, Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra dan Budaya(Yogayakrta: Pustaka Pelajar,2009) p 43

Syihabuddin Qalyubi, Stilistika Kisah Ibrahim As Dalam al Quran (Disertasi-UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta,2006

Ali, Muhammad. “Fungsi Perumpamaan Dalam Al-Quran.” Jurnal Tarbawiyah 10, no. 2 (2013): 21–31.

Bustami, Hafni. “Ayat-Ayat Tamtsîl Al-Qur`an (Analisis Stilistika).” Al-Ta Lim Journal 20, no. 1 (2013): 285–98. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.25.

Fatih, Fatih al Fatih. “At Thibaq Dan Al Muqabalah.” pelajaran Dl, 2018.

Hamzah MUltazim, Hasan Busri. “At-Thibaq Dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah €“ At-Taubah (Tinjauan Balaghah).” Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 7, no. 1 (2018): 27–36. https://doi.org/10.15294/la.v7i1.26066.

Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, Dewi Sinta. “Analisis Gaya Bahasa Hiperbola Dan Personifikasi Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi.” Journal of Chemical Information and Modeling 8, no. 9 (2017): 1–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Kuswarini, Prasuri, Masdiana Masdiana, and Zulvyati Hantik. “Penerjemahan Metafora Dalam Saman Ke Dalam Bahasa Prancis.” Jurnal Ilmu Budaya 6, no. 1 (2018). https://doi.org/10.34050/jib.v6i1.4621.

Mukodi, Mukodi. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surat Luqman.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19, no. 2 (2011): 429. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.166.

Nurgiyantoro, Burhan. “PENGGUNAAN UNGKAPAN JAWA DALAM KUMPULAN PUISI TIRTA KAMANDANU KARYA LINUS SURYADI (Pendekatan Stilistika Kultural).” JUrnal Litera 13, no. 2 (2014): 201–14. https://doi.org/10.21831/ltr.v13i2.2575.

Pradopo, Rachmat Djoko. “Penelitian Stilistika Genetik: Kasus Gaya Bahasa W.S. Rendrra Dalam Ballada Orang-Orang Tercinta Dan Blues Untuk Bonnie.” JUrnalHumaniora, 1999.

RI, Kementrian Agama. Al Quran Dan Terjemah Dilengkapi Dengan Kajian Us>ul Fiqih. Bandung: SYGMA Publishing, 2011.

Savira, Fitria, and Yudi Suharsono. “Kohesi Leksikal Antonimi Dalam Teks Terjemahan Al Quran Surat Maryam.” Journal of Chemical Information and Modeling 01, no. 01 (2013): 1689–99.

Suryani, Cut. “Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Surat Luqman Ayat 12-19 [Concept of Family Education in Surah Luqman Verses 12-19].” Jurnal Ilmiah Didaktika XIII, no. 1 (2012): 112–29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JADID: Journal of Ushuluddin and Dakwah has been indexed by: