FENOMENA DA’I DI ERA MEDIA SOSIAL

Ahmad Zaenuri

Abstract


Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk menguraikan tentang kemunculan da’i dimedia sosial. Media sosial khususnya youtube telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat yang tidak terpisahkan, hampir setiap individu mencari informasi, mendengarkan music dan ceramah agama melalui chanel youtube. Berdakwah menggunakan media sosial (youtube) merupakan langkah untuk menyampaikan ajaran Islam dengah jangkauan yang luas. Dakwah merupakan aktivitas penyamapaian ajaran Islam yang bertujuan memberikan pendidikan dan pemahaman Islam kepada masyarakat agar masyarakat menjalankan nilai-nilai ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah. Mengingat dakwah merupakan transformasi sosial yang bertujuan membangun masyarakat, maka berdakwah menggunakan media sosial (youtube) harus memperhatikan konten yang ditampilkan. Konten dakwah yang disampaikan mesti bersifat membangun dan menghargai pemeluk agama lain, sebagaimana Islam adalah agama yang Rahmatan li al-‘Alamin.

Keyword: Da’i, Youtube, Dakwah


Full Text:

PDF

References


Aripudin, Acep, Pengembangan Metode Dakwah, Respons Da’i Terhadap Dinamika Kehidupan Beragama di di Kaki Ciremi,(Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011),

Aziz, Aziz, Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana, 2004.

Choliq, Abdul, Dakwah Melalui Media Sosial Facebook, Jurnal Dakwah Tabliqh: Vol 16, No. 02, (Desember 2015.

Liliweri, Alo, Komunikasi Antar-Personal, Jakarta: Kencana, 2015.

Musthofa, Prinsip Dakwah via Media Sosial, Aplikasi: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol. 16, No. 1, (2016).

Muhyidin, Asep, Dakwah Perspektif Al-Qur’an, Kajian Dakwah Multiperspektif, Teori, Metodologi, Problem, dan Aplikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Munir, M, Metode Dakwah, Edisi Revisi, (Jakarta: Kencana, 2015),

Supena, Ilyas, Filsafat Ilmu Dakwah Perspektif Filsafat Ilmu Sosial, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2013.

Suparta, Munzier, Hefni, Harjani, Metode Dakwah Edisi Revisi, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Suharto, Media Sosial Sebagai Medium Komunikasi Dakwah, Al-Misbah, Vol. 13. No. 2, (Juli-Desember 2017).

Sumadi, Eko, Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskriminasi, At-Tabsyir:Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol 04, No. 01, (Juni 2016)

Uchjana Effendy, Onong, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, (Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 2003),

Zaenuri, Ahmad, Khazanah Islam Nusantara Sebagai Media Dakwah Bagi Masyarakat Marjinal, Miyah, Vol. 15. No. 01, (Januari 2019).

____________, Teknik Komunikasi Dalam Pengajaran, Jalie: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, Vol 01, No. 01, (Maret 2017).

https://www.kompasiana.com/reza65990/5c68db2312ae945cc12dbb09/bagaimana-sih-karakteristik-pengguna-youtube-di-indonesia?page=2 diakses pada tanggal 23/05/2020, pkl 15:04.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190309081020-12-375738/dampak-uu-ite-409-akun-media-sosial-dipolisikan diakses pada tanggal 12/02/2020, pukul 09:25.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia diakses pd tanggal 30/01/2020, jam 11:48


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.